menghubungkan

Permainan Menghubungkan Domino

casino online

Permainan menyatukan

Menghubungkan permainan adalah apa yang kebanyakan orang anggap sebagai permainan domino yang khas. Ubin diletakkan menurut aturan yang cocok, biasanya ujung ke ujung atau sisi ke sisi, untuk membuat rantai atau rangkaian ubin yang membentuk tablo untuk permainan. Genus permainan ini dapat dibagi menjadi kelompok yang lebih kecil sesuai dengan aturan pencocokan yang berbeda, penggunaan ubin undealt atau ‘boneyard’ bentuk tata letak yang berbeda, dan tujuan permainan.

A) Aturan pencocokan

Ini adalah aturan yang menentukan ubin mana yang legal untuk ditambahkan ke tata letak. Hampir semua permainan penghubung domino tradisional menggunakan pencocokan ujung yang sama atau pencocokan matador.

  1. Mencocokkan ujung yang sama. Ini adalah aturan pencocokan yang paling umum digunakan. Ujung-ujung ubin yang terhubung harus memiliki angka yang sama, seperti ini:

menghubungkan

  1. Pencocokan matador. Ujung ubin yang terhubung harus berjumlah total tertentu. Saat bermain dengan set [6:6], totalnya adalah 7, dan secara umum dengan set [n:n], ujung yang bersentuhan harus berjumlah n+1. Kosong ganda dan ubin yang kedua ujungnya ditambahkan ke total yang diperlukan disebut matador, dan biasanya berfungsi sebagai ubin liar yang dapat dimainkan di sebelah ubin apa pun.

menghubungkan

  1. Aturan pencocokan lainnya. Banyak sistem pencocokan lainnya dapat dibayangkan, dan beberapa permainan domino yang baru ditemukan menggunakan berbagai aturan yang mengatur ubin mana yang dapat dimainkan di mana.

B) Boneyard, menggambar dan membuang aturan

Boneyard adalah kumpulan ubin (jika ada) yang tersisa setelah semua pemain menggambar tangan awal mereka.

Dalam banyak permainan, pemain dapat menggambar ubin tambahan dari boneyard pada giliran mereka untuk bermain. Ada beberapa kemungkinan versi aturan dalam kasus ini. Sebagai contoh:

sebuah. Seorang pemain yang tidak dapat bermain dari tangan mereka harus menarik ubin dari boneyard. Jika tidak dapat bermain setelah menggambar mereka harus lulus.

  1. Seorang pemain yang tidak bisa bermain harus terus menarik ubin dari boneyard sampai mereka bisa bermain atau boneyard habis.

Ada beberapa permainan dan beberapa situasi ketika seorang pemain yang tidak bermain tidak bisa menggambar dan hanya melewati giliran mereka. Sebagai contoh:

  1. Dalam beberapa permainan, semua ubin dibagikan kepada para pemain. Karena tidak ada boneyard maka tidak ada gambar.
  2. Dalam beberapa permainan, ubin boneyard disisihkan dan tidak dapat ditarik.
  3. Dalam beberapa permainan, sejumlah ubin tertentu – misalnya 2 – harus tetap tidak dimainkan. Ketika boneyard dikurangi menjadi ukuran ini, tidak ada gambar lebih lanjut.

Game yang tidak memiliki boneyard biasanya disebut game Block dan game yang memiliki boneyard disebut game draw karena alasan yang jelas.

Dalam permainan domino menghubungkan Oriental umumnya tidak ada boneyard, dan pemain yang tidak dapat menambahkan ubin ke tata letak harus membuang ubin, memainkannya menghadap ke bawah di depan mereka. Pip pada ubin yang dibuang ini dihitung sebagai poin penalti dan menentukan siapa yang telah memenangkan permainan. Permainan jenis ini banyak ditemukan di Cina, Korea dan Indonesia.

C) Ganda dan geometri tata letak

Ganda secara tradisional dimainkan melintasi garis permainan, dan garis dilanjutkan dari sisi lain dengan cara biasa. Berikut adalah contoh dengan pencocokan ujung yang sama.

Dalam beberapa permainan, tata letak diperbolehkan memanjang dari ujung ganda tertentu serta dari kedua sisi, dan ini menyebabkan tata letak bercabang. Dobel di mana tata letak dapat bercabang dengan cara ini kadang-kadang dikenal sebagai ‘pemintal’.

Kita bisa mengklasifikasikan menghubungkan permainan domino sambung sesuai dengan bentuk tata letaknya. Sebagian besar permainan penghubung tradisional umumnya masuk dalam kategori tergantung pada apakah semua, satu atau tidak ganda bertindak sebagai pemintal. Ada juga beberapa di mana lengan dapat dibangun hanya dalam satu atau lebih dari empat arah dari ubin pertama, dan beberapa di mana setiap pemain memiliki tata letak yang terpisah. Beberapa game yang baru ditemukan menggunakan tipe tata letak baru dan beberapa kategori tambahan telah ditambahkan untuk mencakupnya. Dalam diagram di bawah ubin biru mewakili ubin pertama yang dimainkan dalam permainan dan panah mewakili arah di mana tata letak dapat diperpanjang dari ujungnya yang terbuka.

 

1. Permainan lengan tunggal.

Ini adalah permainan di mana tata letak dibangun hanya dalam satu arah dari permainan awal. Ganda bukanlah pemintal, dan pada titik mana pun dalam permainan, tata letaknya hanya memiliki satu ujung terbuka tempat ubin dapat ditambahkan.

 

2. Permainan garis.

Ini adalah bentuk permainan menghubungkan domino penghubung tradisional dan paling umum. Tata letak dibangun dari kedua ujung ubin awal (atau dari kedua sisi dalam kasus umum di mana tata letak dimulai dengan ganda dimainkan melintang). Ganda bukanlah pemintal, meskipun biasanya dimainkan melintasi garis. Hasilnya adalah tata letak dengan hanya dua ujung terbuka.

 

3. Permainan silang

Ganda pertama yang dimainkan, dan hanya ganda pertama, adalah pemintal. Hasilnya adalah tata letak dengan empat lengan membentuk bentuk salib. Untuk permainan silang yang dimulai dengan ganda, cukup sering ada aturan tambahan bahwa satu ubin harus dimainkan di masing-masing lengan salib sebelum salah satu dari mereka dapat diperpanjang lebih jauh.

Ada beberapa permainan ‘cross ganda’ dengan aturan lebih lanjut bahwa ubin kedua yang dimainkan di setiap lengan harus ganda. Dalam beberapa permainan,

 

4. Permainan bintang.

Ada beberapa permainan yang dimulai dengan dobel yang dapat menumbuhkan lebih dari empat lengan. Ini bisa terjadi dalam permainan keluarga kereta ketika setiap pemain memiliki lengan mereka sendiri, atau hanya karena aturan menentukan jumlah lengan yang lebih besar. Hasilnya adalah tata letak berbentuk bintang.

 

5. Permainan pohon.

Semua ganda adalah pemintal. Ini menghasilkan tata letak dengan banyak cabang, karena setiap kali ganda dimainkan di lengan, dua ujung tata letak ekstra terbuka dibuat. Untuk alasan praktis, ubin yang dibangun dari ujung rangkap dibuat miring sehingga lengan pohon tetap terpisah satu sama lain dan tidak bertabrakan.

 

6. Permainan jaringan.

Beberapa permainan domino yang menghubungkan baru-baru ini memungkinkan ubin ditambahkan dalam berbagai orientasi sehingga tata letak dapat bercabang dan bergabung kembali dan loop tertutup dapat terbentuk. Aturan di mana ubin dapat ditempatkan dan bentuk jaringan yang dihasilkan sangat bervariasi dari satu game ke game lainnya.

 

7. Permainan kisi.

Beberapa permainan domino yang baru-baru ini ditemukan membutuhkan ubin untuk diposisikan dalam kotak dua dimensi yang telah ditentukan. Berbagai jenis grid dan aturan koneksi yang berbeda dimungkinkan.

8. Game dengan tata letak yang terputus.

Dalam beberapa permainan, tata letak terdiri dari beberapa komponen terpisah – baris, kolom, atau pengelompokan ubin lainnya. Dalam beberapa kasus, setiap pemain memiliki komponen atau komponennya sendiri dan dalam kasus lain, seorang pemain dapat bermain di komponen apa pun. Sekali lagi berbagai jenis aturan koneksi yang mungkin.

9. Permainan tumpukan.

Beberapa permainan telah dirancang yang memanfaatkan fakta bahwa ubin tidak hanya dapat ditata untuk membentuk tata letak dua dimensi tetapi juga ditumpuk di atas satu sama lain, dengan berbagai aturan tentang apa yang dapat ditumpuk dan dengan berbagai tujuan permainan. Dalam grup ini juga lebih mudah untuk memasukkan permainan mencocokkan ubin di mana ubin mulai ditumpuk dan permainannya terdiri dari menghapus ubin yang dapat diakses.

D) Tujuan dan penilaian permainan

Tujuan tradisional permainan domino yang menghubungkan adalah menjadi pemain pertama yang mengeluarkan semua ubin dari tangan seseorang dengan memainkannya sesuai tata letak. Ini dikenal sebagai “keluar” atau oleh beberapa penulis sebagai “keluar domino”. Di pagat.com permainan kartu dengan tujuan ini disebut ‘permainan menumpahkan’, jadi istilah yang sama digunakan di sini. Ada beberapa permainan di mana tujuan utamanya adalah untuk mencetak poin dengan mencapai pola tertentu pada tata letak, meskipun mungkin juga ada poin untuk keluar. Ini memungkinkan permainan domino yang menghubungkan dikelompokkan ke dalam kategori berikut sesuai dengan tujuan utama:

Gudang ke tata letak.

Tujuan utama atau satu-satunya adalah memainkan semua ubin dan keluar, atau gagal untuk meminimalkan jumlah nilai domino yang dipegang saat pemain lain keluar atau permainan diblokir.

Skor Bergen.

Skor pemain untuk menempatkan angka yang sama di ujung terbuka tata letak.

Keluarga lima dan tiga.

Dalam permainan ini, jumlah angka pada semua ujung terbukalah yang penting. Dalam permainan Fives, skor pemain untuk membuat jumlah ini kelipatan 5. Kurang umum adalah permainan di mana pemain mencetak skor untuk membuat kelipatan 3. Namun, permainan Fives dan Threes, dengan skor untuk kelipatan 5 dan kelipatan 3 populer di beberapa bagian Inggris.

pola lainnya

Permainan yang baru-baru ini ditemukan memberikan skor untuk semua jenis pola dalam tata letak – memainkan ubin yang ujungnya cocok dengan lebih dari satu ubin sebelumnya secara bersamaan, membuat pola berulang, membuat rantai angka yang terus bertambah atau berkurang, menciptakan ruang tertutup dalam jaringan. Kemungkinan untuk sistem penilaian baru hampir tidak terbatas.

Previous
Permainan Kaki Ayam Domino
Next
Bakarat Lightning, Apakah Itu?